sifat qodrat iradatnya Allah SWT

Sifat qodrat dan irodatnya Allah SWT
Buya Yahya


Bagaimana sifat qodrat dan iradatnya Allah SWT ?

Sifat qudrat adalah sifat yang dahulu atau qadim. Hanya ada satu qudrat dan tidak ada Allah punya 2 sifat qudrat. Sebab jika sifat qudrat Allah SWT itu 2 berarti ia belum bertauhid, karena qudrat Allah SWT itu bermakna kuasa atas segala sesuatu. Jadi tidak ada yang tidak masuk dalam wilayah kekuasaan Allah.


Iradat maksudnya adalah Allah berkehendak. Pemahaman yang salah tentang qodrat dan iradat akan menyebabkan munculnya kelompok-kelompok yang sesat seperti “Mu’tazilah” yang tidak bisa memahami kuasanya seorang hamba. Seperti contoh saya bisa mengangkat pulpen. Bagi aqidah aswaja cukup sederhana yaitu ini adalah Allah menginginkan aku berkehendak mengangkat pulpen dan kekuatan ini Allah yang kasih dan bukan dari diri saya sendiri. Dalam hal ini sifat qudrat dan iradat nya Allah harus kita gabung. Intinya adalah aku berkehendak dan Allah yang menjadikan aku berkehendak.

Jangan pula seperti sebagian kelompok yang mengatakan kehendak itu dari diri saya sendiri atau yang kita kenal dengan faham “Qadariyah”. Dan  sisi lain jabbariyah yang mengatakan saya tidak punya kehendak apa-apa dan sema ang terjadi ini adalah Allah yang menjalankannya. Contoh pemahaman jabbariyah adalah disaat dia berzina maka ia akan  mengatakan bahwa Allah yang menjalanknannya, disaat ia berzina ataupun mabuk ia pun berkata bahwa ini adalah kehendak Allah. Ini adalah kesalahan dalam beraqidah karena ia tidak faham bahwa ia pun meiliki kehendak.

Dalam faham qadariyah, Allah maha berkehendak, lalu bagaimana dengan kehendak kita ? faham qadariyah ketika dikaitkan dengan contoh diatas yatu saya mampu mengangkat pulpen memahami bahwa ini adalah kemauan saya sendiri ketika mengangkat pulpen seolah Allah tidak memiliki campur tangan, tetapi ketika ia kehujanan, kedinginan dan tangannya gemetaran, ia tidak akan bisa menghentikan tangannya tersebut. Artinya Allah memiliki kuasa dan kehendak. Sederhananya kita harus fahami bahwa kita punya kehendak, tapi ketahuilah juga bahwa Allah maha berkehendak. Jadi, Allah SWT berkehendak agar anda berkehendak atau Allah SWT menghendaki anda berkehendak.

Disarikan dari ceramah Buya Yahya Pemimpin PonPes Al-Bahjah Cirebon


Catatan :

Mengenai kehendak Allah SWT telah dijelaskan panjang lebar oleh para ulama, qadrat dan iradat nya Allah SWT adalah termasuk dari bagian rukun iman yang harus kita yakini. Kedua sifat ini juga menunjukkan kekuasaannya Allah SWT atas segala sesuatu namun disatu sisi Allah pun menghendaki agar kita berkehendak. Cukup banyak pembahasan serupa mengenai tulisan diatas dan dapat dibaca di menu kajian islam -> tauhid.

Post a Comment

0 Comments